News

Perumahan Subsidi

Ballaku.com, Perumahan Subsidi Makassar- Saat ini sudah sangat banyak perumahan konvensional bermunculan ditambah lagi dengan program rumah murah yang dicanangkan oleh pemerintah. Maka muncul istilah rumah subsidi atau rumah bersubsidi. Yang dimaksud rumah bersubsidi atau rumah subsidi ini adalah perumahan yang dibangun dengan tujuan masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah dapat memiliki hunian yang layak. Pada pelaksanaannya perumahan subsidi ini bekerja sama dengan beberapa Bank Konvensional dan Bank Syariah.

Baca Juga : Lantai unik untuk rumah Anda

Hal ini juga terkadang menjadi pembahasan apakah masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah dapat mengambil hunian ini yang notabene masyarakat yang dimaksud tidaklah bankable menurut sebagian bank. Disatu sisi mereka membuat program ini diperuntukkan untuk masyarakat menengah ke bawah. Lantas bagaimana masyarakat dapat memiliki rumah subsidi ini.

Daftar Perumahan Subsidi Di Makassar

Ada beberapa Perumahan bersubsidi yang berhasil tim Ballaku Makassar dokumentasikan. Berikut adalah listnya :

  1. Zarindah Garden
  2. Permata Indah Bandara
  3. Griya Barombong
  4. Citra Bontomarannu
  5. Grand Sulawesi
  6. Bajeng Permai
  7. Grand Hill REsidence Wajo
  8. Taman Ukhuwah Sakinah
  9. Griya Bukit Mustika
  10. Graha Jannah Zarindah
  11. Villa Pattalassang
  12. Mega Country Village
  13. Singara Turatea
  14. Griya Mitra Asri
  15. Perum. Bumi Takalar Damai

Dan masih banyak lagi tentunya di wilayah Sulawesi Selatan saja tercatat ada lebih dari 25 perumahan Subsidi yang dibangun oleh Developer Konvensional. Nah untuk sahabat Ballaku untuk hunian Islami dengan harga murah bisa sebagai solusi sahabat dalam memiliki hunian yang nyaman.

Rumah Syariah Murah Sebagai Solusi

Para developer property syariah juga getol mengeluarkan produk-produk yang tidak kalah hebatnya untuk membantu perekonomian umat dan membantu umat untuk memiliki hunian islami yang terjangkau. Sebut saja PT. Wahana Persada Indonesia di Makassar yang mengeluarkan produk perumahan Al Fazza Residence yang diharapkan bisa menjangkau kebutuhan masyarakat terutama masyarakat Muslim untuk memiliki hunian yang layak.

rumah subsidi syariah

Konsep yang ditawarkan oleh Developer property syariah ini juga sangat memberikan banyak kemudahan. Seperti user yang akan membeli produk dari developer syariah ini tidak memerlukan BI Checking karena memang hingga saat ini para developer property syariah ini belum bisa terwadahi oleh akad-akad yang dikeluarkan oleh pihak Perbankan. Ditambah uang muka yang dapat diangsur menjadikan property syariah saat ini dilirih oleh sebagian besar orang di Indonesia.

Membangun rumah dari Kavling Syariah

Sebenarnya untuk sahabat ballaku yang mengidam-idamkan memiliki hunian dan ingin melalui developer property syariah bisa juga memulai dari membeli kavling pada developer syariah ini. Sebagai contoh kasus di Kota Makassar ini sudah sangat banyak yang menyediakan  tanah kavling yang dapat diangsur secara syar’i. Sebut saja CV.ID.me yang mengeluarkan tanah kavling Murah beberapa waktu yang lalu, Assa’adah Residence dan Khazanah Residence. CV. ID.me saat ini sementara mengeluarkan Produk Kavling perumahan dengan konsep islamic center dan Kavling perumahan dekat dari Tempat Wisata.

Baca Juga : Memilih Warna Untuk Rumah Minimalis

Jadi sahabat ballaku bisa membeli kavling perumahan terlebih dahulu kemudian mengumpulkan dana untuk membangun rumahnya. Kelebihannya adalah sahabat bisa mendesign rumahnya sesuai dengan selera sahabat. Spesifikasi dan budget juga bisa sahabat tekan.

Kelebihan Property Syariah

Dalam perdagangan property syariah tidak dibenarkan adanya Sita, Denda, dan Bunga/Riba atas objek yang diperjual belikan. Yang dibenarkan dalam syariat Islam adalah adanya keuntungan dalam perdagangan dan jual beli seperti di kutip dalam ayat berikut :

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“Dan Allah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba”.

[Al Baqarah : 275]

Sehingga property syariah adalah jawaban dari solusi sahabat yang ingin memiliki hunian dengan tidak bersentuhan sama sekali dengan yang namanya Riba. Selain itu Property syariah ini tidak ada Sita dan denda atas keterlambatan, dimana jika terjadi sesuatu atas barang yang diperjual belikan maka akan dilakukan musyawarah bukan melakukan sita atas barang yang di perjual belikan. Masih banyak sekali kelebihan-kelebihan property syariah yang lainnya.

Tim ballaku akan membahasnya dikesempatan lain secara khusus tentang kelebihan-kelebihan property syariah dibandingkan property konvensional. (ds)